Menurunkan Resolusi Layar Samsung Galaxy agar Hemat Baterai

Menurunkan Resolusi Layar Samsung Galaxy agar Hemat Baterai



Galaxy Note Edge baterainya sangatlah boros, seperti diketahui, untuk ukuran samsung jadul emang rata-rata penggunaan baterainya sangatlah boros dibandingkan dengan smartphone baru jaman sekarang. Contohnya saja, penulis menggunakan samsung galaxy Note Edge yang lumayan cukup jadul. Baterainya meamang lumayan sekitar 2800mAh, namun penggunaan baterainya sangatlah banyak, walaupun sudah diganti menggunakan baterai double power berkapasitas 4850mAh, namun tetap saja, sehari bisa sampai 2x bahkan 3x charging. Begitu juga dengan tipe lainnya seperti samsung Galaxy s4, Galaxy S5, Galaxy s6, Galaxy s6 edge, Galaxy J Docomo, Galaxy Note 3, Note 4, dan lain-lain yang sudah lumayan jadul. Tipe-tipe ini sudah penulis coba dan memang penggunaan baterainya terbilang sangat boros.

Menurunkan Resolusi Layar agar hemat baterai


Baterai yang boros bukan hanya karena penggunaan yang terus menerus saja, namun juga memang dari spesifikasinya yang lumayan cukup jadul. Katakan saja teknologi processornya yang masih menggunakan teknologi 20nm ataupun 28nm atau lebih. Lalu Clock CPU yang begitu tinggi dikarenakan smartphone-smartphone diatas merupakan smartphone flagship. Lalu sebut saja menggunakan layar dengan resolusi tinggi dan layar Super Amoled. Poin yang terakhir akan kita jelaskan pada postingan kali ini.

Smartphone Flagship samsung galaxy memiliki resolusi layar yang lumayan tinggi, contohnya saja Samsung Galaxy Note Edge yang sudah menggunakan layar resolusi 2K, samsung S4 resolusi Full HD, namun dengan layar yang kecil serasa mubazir sekali menggunakan layar yang resolusi tinggi. Dengan resolusi yang tinggi otomatis memiliki piksel yang banyak dan tentu saja menggunakan daya untuk menyalakan tiap piksel tersebut. Memang jernih dan tajam layarnya, namun menurut penulis sebatas resolusi HD saja sudah nyaman kok dipandang mata. Oleh karena itu resolusinya bisa kita kurangi agar penggunaan baterai menjadi lebih hemat. Walaupun tidak terlalu berdampak lebih, namun sudah membantu sedikit untuk mengurangi pengguanan baterai. Dan tutorial ini tanpa root jadi bisa digunakan dalam keaadan standard.

Tutorial menurunkan resolusi Layar Smartphone Samsung Tanpa Root
1. Download Driver Samsung Disini DRIVER SAMSUNG.zip
2. Download adb.zip
3. Instal driver, lalu extract adb di drive C atau System
4. Konekskan Smartphone Sharp kamu ke PC, jangan lupa centang USB debugging di Mode Developer. Untuk memunculkan mode developer,ketuk 5x dengan cepat pada build number pada menu pengaturan tentang telepon.
5. Masuk ke folder adb yang sudah di extract tadi, Buka CMD dengan cara tekan tombol Shift + Klik Kanan Mouse, lalu pilih Open Command Windows here.
6. Ketikan adb devices (enter)
7. Akan muncul device number kamu kalo sudah terinstal drivernya dengan benar
8. Ketikan adb shell wm size 1000x1600 (enter, resolusi sesuai smartphone kamu. Yang layarnya sedikit memanjang, kalau mau HD ketikan 720x1280)
9. ketikan adb shell wm density 400 (enter, angka sesuai smartphone kamu, kebutuhan saja, nggak juga gpp)
10. ketikan adb reboot
11. Selesai!

Itulah caranya menurunkan resolusi layar smartphone agar penggunaan baterai menjadi lebih irit. Tutorial ini sudah tested ya. Jadi gak perlu khawatir. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya di kolom komentar. Terimakasih!



1 Response to "Menurunkan Resolusi Layar Samsung Galaxy agar Hemat Baterai"