Menambahkan Memory Internal Smartphone Jepang dengan Menggunakan MicroSD

Menambahkan Memory Internal Smartphone Jepang dengan Menggunakan MicroSD


Selamat datang, kali ini admin akan memberikan tutorial bagaimana caranya menaikkan internal memory pada smartphone bekas dari jepang. Nah seperti kita ketahui, banyak smartphone bekas dari jepang ini yang memory internalnya cukup kecil yaitu 8GB ataupun 16GB, seperti Sharp SHV35, SHV37, SH-02J, Fujitsu juga ada beberapa yang seperti itu. Nah hal ini berimbas pada penginstallan aplikasi kita yang tidak bisa menginstal game-game besar yang membuat memory nya menjadi penuh.
 
Meningkatkan Internal memory smartphone Jepang
Nah, walaupun kadang memory internal bawaannya besar, namun smartphone - smartphone ini pun sistem operasinya memakan banyak sekali space, jadi, kita hanya mendapatkan space kosong yang kurang. Jadi banyak juga yang meminta bagaimana caranya memindahkan aplikasi game-game yang besar agar bisa dipindahkan ke memory external SD Card.

Tutorial kali ini adalah tentang caranya bagaimana memindahkan Game berat-berat ke instal di memory kartu MicroSD yang kita pasang. Sehingga kita bisa muat untuk menginstal game lain tanpa peringatan memory tidak cukup. Jadi intinya adalah menciptakan Space baru atau portable SDcard yang diambil dari Memory External MicroSD yang digunakan untuk menyimpan data-data dari Game-game berukuran besar tersebut.

Tutorial ini sudah tested ya, dibanyak smartphone, terutama Sharp, Fujitsu, Kyocera, dan merk-merk lainnya. Nah, jadi tidk usah khawatir akan bootloop. Dijamin tidak akan bootloop karena sudah tested. Ikuti saya langkah-langkah yang benar agar berjalan dengan lancar.

Hal-Hal yang harus dipersiapkan:
1. Driver Smartphone masing-masing, silahkan klik search saja di blog ini untuk mencari drivernya.
2. Memory MicroSD yang kualitas baik, kalau bisa yang Class 10 agar saat game yang dipindahkannya dimainkan, tidak terjadi kendala.
3. Harus Fokus ke satu titik, ya hanya titik itu, biar ga salah ketik di ADB nya nanti.
4. PC dengan OS windows 7, 8, 10

Langkah-langkah:
1. Instal Driver Masing-masing
2. Centang Deveoper Mode dan USB debugging
3. Silahkan buka jendela Command Prompt (CMD) PC dengan cara Tekan tombol Windows + X secara bersamaan, lalu pilih RUN, lalu ketik cmd, lalu jalankan!
4. Ketikan: adb devices (enter)
5. Ketikan adb shell (enter)
6. Maka akan muncul simbol $ setelah dienter, simbol $ tidak perlu diketik
7. Ketikan: $ sm set-force-adoptable true (enter)                                          
8. Ketikan: $ sm list-disks (enter)                                                        
9. Akan muncul: disk:179,64 (tiap device bisa berbeda angkanya (di saya angkanya 179,64), masukkan angka yang tertera di layar PC tadi)
10. Ketikan: $ sm partition disk:179,64 mixed 35 (enter)                                     
11. Ketikan: $ sm set-force-adoptable false (enter)                                         
12. Ketika: $ exit

Selesai. Maka silahkan cek Storage pada smartphone kamu. Akan ada Partisi baru yang muncul di memory Internal Telepon. Nah itu bisa digunakan untuk menyimpan game-game beratnya.
Untuk memindahkan Game nya, silahkan Buka Pengaturan Aplikasi, lalu cari aplikasi yang mau dipindahkan, lalu klik di storrage, pilih change to SDcard.

Itulah tutorial caranya menginstal game -game berat menggunakan MicroSd agar internal telepon tetap lega dan bisa menginstal banyak permainan.

Untuk mengembalikan kesemula, silahkan Di pengaturan Storage, klik pada Portable Microsd, Options, lalu pilih Format as Portabe.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih!

9 Responses to "Menambahkan Memory Internal Smartphone Jepang dengan Menggunakan MicroSD"

  1. Untuk SH 04g yg masiy loli bisa tidak pakai cara itu ? makasiy

    ReplyDelete
  2. bang klo muncul partisi baru tapi corupt gimana bang.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal di format aja gan, bagus lagi kok..

      Delete
    2. Formatnya lewat apa bang.? Klo lewat hp Pilihan formatnya cuma ada portable storage. Please solusinya bang.!

      Delete
    3. iya pake itu, format as portable storage om

      Delete
  3. Klo dformat as portable partisinya jadi Satu lg. Kembali jadi portable. Ok makasih bang. Mungkin sd card ku yg jelek.

    ReplyDelete