Mengatasi Sinyal Tidak Keluar Di Smartphone Sharp, Fujitsu, Dan Smartphone Jepang Lainnya

Mengatasi Sinyal Tidak Keluar Di Smartphone Sharp, Fujitsu, Dan Smartphone Jepang Lainnya


Masalah sinyal merupakan masalah Fatal dalam sebuah smartphone. Walaupun bisa menggunakan WIFI sebagai alternatif pengganti akses jaringan internet pada smartphone, tentunya kita tidak bisa membawa kemana-mana smartphone kita tanpa harus membawa jaringan WIFi. Apalagi untuk sebuah smartphone, bahkan saat in dengan cakupan jaringan yang sudah meluasnya jaringan $G, tentunya membuat smartphone kita bisa diandalkan untuk keperluan internet sosial media dan game online. Namun bagaimana jika smartphone yang kita beli dari jepang, namun ternyata tidak mendapatkan sinyal saat digunakan di Negara Indonesia? Berikut adalah solusi-solusi umum dalam mengatasi smartphone dari jepang yang tidak muncul sinyal di Indonesia:

1. Pastikan sudah memasang simcard (kartu) dengan benar
Lihatlah kembali dalam memasukan simcard, apakah posisinya sudah benar. Biasanya ada petunjuk berupa gambar memasang simcard dibagian belakang smartphone kita. Namun jika tidak menemukannya, silahkan buka youtube, lalu carilah gunakan kata kunci cara memasang simcard pada smartphone yang anda gunakan.

2. Sim Ter-lock atau Terkunci
Jika anda mengalami masalah seperti ini, ada hal simple yang bisa dicoba dalam mengatasi sim/jaringan yang terkunci. Ciri-ciri smartphone yang terlock adalah jika kita memasukan simcard, maka tidak akan muncul nama jaringan dan tidak akan muncul aplikasi sim toolkit. Untuk mengatasinya, hal yang paling simple adalah silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini:
A. Pastikan kamu memiliki koneksi ke wifi, lalu buka aplikasi pengaturan (setting) smartphone kamu
B. Silahkan geser ke paling bawah, menu about phone, lalu klik status.
C. Perhatikan disana, akan ada sub menu dengan tulisan Sim Status”, klik pada menu itu.
D. Lalu akan menemukan tulisan “Sim Lock Status
E. Pilih itu, lalu silahkan klik “Update” seperti pada gambar dibawah ini.

Unlock Simcard

F. Jika sudah silahkan lihat apakah sudah terbaca. Jika masih belum juga, silahkan restart smartphone kamu. Insya Allah simcard sudah terbaca.

3. Belum membuat APN
Ini adalah hal yang paling sering ditemui dalam beberapa kasus smartphone dari jepang. Biasanya Smartphone jepang tidak secara otomatis membuat APN sendiri, maka dari itu kita harus membuat APN secara manual. Untuk membuat APN, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
A. Buka Ke Pengaturan, Silahkan klik “Network & Internet
B. Lalu pilih opsi”Mobile Network
C. Lalu pilih “Acces Point Name
D. Pilih Simbol + (plus) pada pojok kanan atas, lalu buatlah APN baru. Isi Name dengan nama apa saja, lalu Pada kolom APN, ketik “internet” (jika anda menggunakan telkomsel) untuk operator lain silahkan cari di internet APN operator masing-masing.
E. Lalu klik imbol tiga titik dipojok kanan, lalu pilih save.
F. Silahkan cek apakah jaringan suda muncul, jika belum, silahkan restart smarthone kamu.

Selesai, itulah beberapa Tips dalam menyelesaikan Masalah tidak Muncul Sinyal atau Jaringan pada smartphone Sharp, Fujitsu, Kyocera, ataupun smartphone bekas dari Jepang lainnya. Semoga meebantu. Terimakasih. Salam!

7 Responses to "Mengatasi Sinyal Tidak Keluar Di Smartphone Sharp, Fujitsu, Dan Smartphone Jepang Lainnya"

  1. mohon bantuannya gan...saya baru beli hp sharp shv34...saat instal sim di layar pada ikon jaringan selular terdapat tanda x yang berarti jaringan terlock...saat di setting ternyata status sudah allowed dengan kode 800, saya juga sudah tambahan vpn telkomsel(sesuai petunjuk), juga tidak bisa. mohon petunjuk gan.....dari awal beli, OS menggunakan Nougat.

    ReplyDelete
  2. Sharp ane update nya gk bsa ditekan kak..
    Solusinya gimana???
    Posisi sharp shv33 simcard kelock...

    ReplyDelete
  3. sharp sh 03g sya ter lock sim card nya..sya ikutin tutor di atas namun gak bisa sama skali..mohon saran nya gan

    ReplyDelete
  4. Sinyal ny kok gak muncul punya ku gan

    ReplyDelete