Menghilangkan Bloatware di Smartphone Sharp, Fujitsu, Docomo dan HP Jepang Lainnya

Menghilangkan Bloatware di Smartphone Sharp, Fujitsu, Docomo dan HP Jepang Lainnya


Selamat datang di www.androidfirmware.online, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara atau tutorial menghilangkan bahkan menghapus bloatware atau aplikasi aplikasi bawaan yang tidak berguna pada smartphone - smartphone dari jepang.

Bloatware adalah aplikasi tambahan pada smartphone-smartphone android dari jepang yang ditanamkan pada smartphne tersebut sebagai fitur-fitur tambahan smartphone nya melalui bundling-bundling dari operator tertentu di jepang. Nah tentunya jika kita menggunakannya di Indonesia, maka aplikasi-aplikasi itu menjadi tidak berguna. Dan juga bahasa aplikasi-aplikasi bloatware pun menggunakan bahasa planet namex, jadi kita pun tidak akan [aham jika bukan warga planet namex tersebut. Nah makanya itu sebaiknya agar smartphone kita menjadi ringan, maka sebaiknya ita menghaspus aplikasi bloatware terutama yang berbahasa jepang agar penggunaan ram menjadi lebih bermartabat. :-D

Tutorial ini Tested ya, jadi jika agan melakukannya dengan benar, Insya Allah sukses. Tampan ataupun ga tampan anda, ga ngaruh sama tingkat kesuksesan menghapus bloatware nya. Soalnya ane yang tampan sukses menghapus bloatwarenya, dan temen ane yang lagi baca yg gak tampan, sukses juga kok, asal benar sesuai tutorialnya. Silahkan disimak caranya berikut ini:

Hal-hal yang harus disiapkan antara lain:
1. Smartphone yang akan dihapus bloatware nya
2. Kabel data
3. PC atau Laptop
4. Kopi

Bahan-Bahan Persiapan:
ADB Installer.exe

Tutorial hapus Bloatware Smartphone Sharp, Fujitsu, Docomo, dll
1. Instal ADB Installer diatas, lalu buka. Maka tampilannya akan seperti ini:
 
Tampilan ADB saat menginstal driver
Silahkan ketik Y, lalu enter! Begitu sampai 4 kali. (ini berfungsi agar driver terinstal penuh tanpa kendala saat menghapus bloatware nya)

2. Aktifkan (centang) USB debugging pada smartphone kita. Untuk memunculkan menu USB debuggingnya, pada about phone, klik pada Build Number sebanyak 5x dengan cepat. Maka akan muncul menu tambahan yaitu developer mode. Nah usb debugging ada pada Developer Mode.

3. Koneksikan smartphone kamu ke PC menggunakn kabel data
4. Buka Aplikasi Command Prompt atau CMD caranya Klik Start pada PC, lalu ketik aja CMD. Lalu ok kan. Maka jendela CMD akan terbuka.

5. Pada CMD, ketikan “adb devices” tanpa tanda kutip. Lalu perhatikan di Smartphone akan ada notifikasi, centang saja lalu Ijinkan / Ok. Jika tidak ada notifikasi, maka abaikan.

6. Lalu ketikan “adb shell” tanpa tanda kutip
7. Lalu ketikan “pm list package” tanpa tanda kutip untuk menampilkan list semua aplikasi
8. Ktik nama aplikasi yang akan dihapus dengan perintah “pm uninstall -k nama aplikasi yang akan dihapus (contohnya bisa dilihat di gambar dibawah ini. Gambar diawah ini admin gunakan untuk menghapus bloatware Sharp SHV34 android versi Oreo 8.0, sudah dicoba temen juga pada android Nougat dan MM, berhasil)
Contoh Script:
 
Proses Penghapusan Bloatware
Nah jika berhasil akan tampil Success!
Begitulah caranya menghapus Bloatware atau aplikasi-aplikasi yang tidak berguna di Smartphone dari jepang. Silahkan dicoba. 
Setelah Dihapus, Terasa lebih ringan

Nb: Harap berhati-hati dalam menghapusnya, sebab kalau menghapus file system bisa menyebabkan restart sendiri, ataupun bisa juga bootloop. Sekian dan terimakasih!

Untuk yang hapus Bloatware secara otomatis, silahkan Kunjungi ini, sudah Tested di Sharp SH-02J dan Sharp SH-05G. yang berbau Docomo bisa gunakan itu. kunjungi kesini: Hapus Bloatware Pake Script Otomatis.

18 Responses to "Menghilangkan Bloatware di Smartphone Sharp, Fujitsu, Docomo dan HP Jepang Lainnya"

  1. bang Robi Purnama sharp shv34 versi Oreo bisa untuk telpon kan pakai aplikasi fix telpon... kata nya habis update Oreo gak bisa untuk telpon

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja ane mah buat telp abis update , kaga pake aplikasi apa apaan , tinggal kasih +62 aja palingan

      Delete
    2. Ane bisa telp pake +62 posisi di oreo, cuman ga bisa nerima telp 😑. Ada solusi ga yah?

      Delete
    3. masa iya ga bisa nerima telp gan? ane pake buat inet aja soalnya :-D

      Delete
    4. Klo busy cek pulsa gmna caranya om?

      Delete
    5. Repotnya kalo harus pake +62, Gak bisa buat cek pulsa (Contoh *888# / *123#) dan Gak bisa nelfon operator (Contoh 188 / 817) gimana ya?

      Delete
  2. delete failed internal error

    ReplyDelete
  3. Itu aman gan diapus?

    Info aja btw masalah di oreo beberapa yg gw rasa, mungkin blom stabil updatenya.. semoga besok ada update2 baru buat oreo dr sharp nya lg

    1.Ga bisa cek pulsa sekalipun pake app google phone...

    2. Gw ga tau di os sebelumnya, tp di oreo ga bisa setting ganti ke jaringan 3g/h+... Karena ditempat gw kdg 4g lemot malah 3g yg kenceng tp dptnya selalu 4g

    ReplyDelete
  4. Setelah ketik adb Shell langsung ketik enter atau langsung ketik pm list sekaligus

    ReplyDelete
  5. Misi Gan Numpang tanya:

    Bisakah Push Host via ADB di hp Sharp?
    mohon dishare lokasi 'Host' dimana dan caranya gan.. trims

    ReplyDelete
  6. klo mau delete osusume nama app nya apa ya?

    ReplyDelete
  7. Nub ask nih bang hehe
    Mau liat nama aplikasi yg mau di hapus nya dimana ya?? Hehe

    ReplyDelete
  8. Mohon infonya, kalo mau balikin aplikasi lagi gimana caranya gan, kebetulan aplikasi tsb dibutuhkan, tanpa harus hard reset

    ReplyDelete